Tutorial Cara Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot Secara Tiba Tiba

Cara Mengatasi Komputer Lemot

cara mengatasi komputer lemot
cara mengatasi komputer lemot

Mempunyai komputer / laptop yang lemot bin lelet secara tiba tiba memang terasa menyebalkan, Apalagi jika pekerjaan masih menumpuk dan harus segera di selesaikan maka hal itu bisa menjadi masalah bagi kita. Untuk melakukan booting saja sampai memakan waktu 5 – 10 menit akan sangat membuang buang waktu.

Alasan kenapa saya membuat tutorial cara mengatasi komputer lemot karena beberapa waktu yang lalu saya mendapat pertanyaan oleh teman dekat saya, Kenapa komputer / laptop saya terkadang menjadi lemot secara tiba tiba dan bagai mana cara mengatasinya.?

Oleh karena itu saya tulis artikel ini mungkin di antara dari anda mempunyai masalah yang sama dengan teman saya. Baik, mari kita langsung menuju ke artikel Cara Mengatasi Komputer Lemot.

1#. Banyak aplikasi/program yang berjalan bersamaan saat booting.

Penyebab menjadi lamotnya komputer / laptop adalah terlalu banyaknya aplikasi dan program yang di jalankan secara bersamaan jelas akan membuat bebab prosesor menjadi meningkat yang akhirnya menimbulkan lemot bin lelet.

Pada system microsoft windows terdapat fitur yang bernama startup yaitu daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika system operasi di jalankan, Ada software yang telah di atur secara otomatis ketika windows start seperti downloader, printer, driver dan lain sebagainya.

Baca juga: Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula.

Jadi saran dari saya jalankan aplikasi / program seperlunya, Jika anda perlu menggunakan aplikasi yang banyak sebaiknya buka secara bergiliran agar komputer anda bebas dari lemot yang bisa membuat anda menjadi stres dan bingung.

3#. Banyaknya Sampah Pada Registy Windows.

Sampah yang terletak pada registry windows biasanya registry yang sudah tidak di pakai lagi dan harus segera di buang supaya tidak menghambat kinerja laptop anda. Jika anda tidak terlalu paham tentang registry sebaiknya jangan membuka file tersebut, Untuk mengatasinya lebih baik serahkan kepada orang yang sudah berpengalaman di bidangnya supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak anda inginkan.

Tapi jika teman teman ada yang ingin bereksperimen dan siap menanggung resiko bila terjadi hal yang tidak baik pada komputer anda, Kini telah tersedia aplikasi pembersih registry windows seperti Ccleaner, glary utility dll.

Baca juga: Cara Membeli Domain Dan Hosting Di Dewa Web

Setelah teman teman berhasil menginstal Ccleaner langsung buka aplikasinya dan clik Scan for Issues untuk mulai mncari registry yang bermasalah. Jika proses scan telah selesai langkah selanjutnya adalah mengeklik Fix selected issues untuk segera memperbaiki system registry.

Di monitor anda akan muncul dialog untuk memback up file registry.Sebaiknya selalu lakukan backup supaya jika ada masalah anda bisa memasang kembali file yang telah di backup tadi.

4#. Jangan Meletakkan File Yang Berukuran Besar Pada Desktop.

Banyak orang yang suka meletakkan file yang berukuran besar di desktop, alasannya supaya mudah saat melakukan pencarian. Memang akan memudahkan tapi akibatnya komputer anda menjadi sangat lemot dan pekerjaan terbengkalai. Anda sebaiknya memindahkan file dan aplikasi yang jarang di pakai pada folder yang lain di dalam partisi.

5#. Melakukan Defragment Harddisk Komputer Secara Rutin.

Harddisk yang ada pada komputer anda akan terfrakmentasi dalam ratusan bagian file yang berada di berbagai lokasi seiring bejalannya waktu.

Yang harus di lakukan untuk meningkatkan kinerja komputer anda adalah dengan melakukan defragment dengan proses tersebut. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan semua data yang tersebar supaya lebih mudah pada saat proses pencarian di lakukan.

Di bawah ini adalah cara membuka defragment toll:

1.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

2. 

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Setelah berhasil menemukan disk defragment maka akan keluar pilihan direktori mana yang ingin di lakukan defragment, Setelah di pilih  “Kemudian klik Defragment Disk”

3.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Sebaiknya anda melakukan defrag secara rutin minimal 2 minggu untuk menjaga supaya laptop / Komputer anda tetap bisa bekerja dengan baik.

Baik sekarang ke tutorial Cara Mengatasi Komputer Lemot selanjutnya.

6#. Hapus ( uninstal ) Progam Yang Tidak Di Gunakan.

Cara Mengatasi Komputer Lemot
Cara Mengatasi Komputer Lemot

Terlalu banyak aplikasi yang di tampung pada komputer akan membuat komputer anda menjadi down atau menurunnya kinerja pada suatu perangkat. Untuk menghapus aplikasi yang terpasang juga harus hati hati karena biasanya ada progam yang penting dan jika anda hapus akan membuat komputer anda menjadi tidak bisa di gunakan untuk bekerja.

Sebaiknya pilih program / aplikasi yang anda instal sendiri dan sudah tidak di perlukan lagi.

Mungkin cukup sampai disini dulu artikel tentang pembahasan Cara Mengatasi Komputer Lemot untuk kali ini. Untuk tutorial sambungan dari artikel ini akan di teruskan pada artikel berikutnya.

Jika di rasa artikel saya ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada teman teman atau kerabat anda siapa tahu mereka sedang mempunyai masalah yang solusinya ada di dalam artikel ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

See youu…!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *