Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot
Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Anda pasti bingung jika jika mempunyai komputer / laptop yang lemot dan bingung bagaimana Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot supaya tidak menghambat aktivitas anda sehari-hari. Saya juga pernah mengalami hal serupa seperti anda yang sedang membaca tulisan saya ini.

Baik langsung saja tidak usah berlama-lama kita menuju ke tutorialnya, akan lebih baik kalau anda juga mempraktekannya bersama.

  • Atur Jadwal Pemakaiannya

Laptop yang terlalu lama dipakai sudah pasti bisa menjadi cepat panas dan lemot juga, Maka dari itu mengatur jadwal pemakaian laptop menjadi sangat penting untuk mencegah terjadinya panas dan lemot pada perangkat tersebut.

Misalnya laptop di sleep (mode tidur) setelah 4 jam pemakaian. Tapi untuk menggunakan mode sleep dan hibernate terlalu lama juga dapat menimbulkan masalah lain pada laptop anda. Akan lebih baik jika laptop anda di shut down (dimatikan) itu tidak akan membuat komputer menjadi lemot dan panas.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot ini bisa anda praktekan di perangkat anda terlebih dahulu.

  • Bersihkan Cooling pad (kipas pendingin) pada laptop

Biasanya banyak orang yang menganggap Cooling pad (kipas pendingin) yang ada di dalam laptop dibiarkan begitu saja sehingga kotoran yang ada didalamnya bisa menghalangi masuknya angin untuk menjaga agar laptop tetap dalam keadaan tidak panas.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Bukan hanya membuat perangkat menjadi lemot saja jika kipas pendingin tidak pernah anda bersihkan, tapi bisa juga membuat laptop mati total karena suhu pada prosesor sudah melebihi batas maksimumnya.

Untuk membersihkan laptop juga perlu berhati-hati supaya tidak menimbulkan masalah baru pada laptop anda. Untuk membersihkannya gunakan vacuum (penyedot debu) yang mini untuk menyedot debu supaya keluar.

Ingat jangan sekali_kali anda meniup debu, karena akan membuat debu masuk lebih dalam dan susah untuk di tarik keluar lagi. Solusi jika debu sudah terlanjur masuk yaitu dengan membongkar laptop anda.

  • Jangan Letakkan Laptop Pada Kasur

Banyak orang yang suka menggunakan laptop sambil tiduran dikasur, Hal ini dapat menimbulkan terjadinya panas karena jalur vetilasi tersumbat oleh kasur anda. Bukan hanya ventilasi tersumbat saja, debupun ikut masuk.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Hal ini di sebabkan karena debu yang ada pada kasur masuk dan menyumbat ventilasi udara yang ada pada laptop / komputer anda.

  • Periksa Apakah Komponen Ada Yang Di Overcloock

Komponen pada laptop memang jarang yang ada fitur over clocknya, Namun bukan berarti tidak ada. Periksa konfigurasi BIOS apakah ada komponen yang diatur melebihi clock bawaannya, supaya lebih aman sebaiknya terapkan pengaturan bawaan (Default Configuration) atau recomended configuration pada BIOS.

  • Instal Sistem Operasi Yang Ringan

Beberapa sistem operasi yang ada seperti (distro) Linux memang dipercaya dan memang sudah pernah ada yang mengujinya, membutuhkan relasi yang cukup kecil untuk bisa beroperasi. Contohnya seperti Lubuntu.

Baca Juga: Cara Membersihkan File Sampah Di Laptop

Lubuntu adalah keturunan dari distro Ubuntu. Namun, hanya saja jika jika Ubuntu secara defaultb menggunakan desktop Environment GNOME, Lubuntu menggunakan LXDE, nama Lubuntu awalnya diambil dari gabungan “LXDE” dan “Ubuntu”, namun dalam situs resminya developer Lubuntu menyatakan Lubuntu sebagai “Lightweight Ubuntu” (Ubuntu yang ringan).

Baca Juga: Cara Mengatasi Komputer Lemot

Jika anda sudah terbiasa mnggunakan sistem operasi windows, sebaiknya gunakan operasi yang ringan saja. Misalnya Windows 7 starter atau home premium, bisa juga jika anda perlu gunakan atau Windows XP SP3.

  • Efisiensikan Penggunaan Perangkat Lunak

Laptop akan menjadi cepat panas dan lemot jika digunakan untuk menjalankan perangkat lunak yang membutuhkan resource memory yang besar, Maka dari itu mulai dari sekarang hindari banyak penggunaan perangkat lunak dalam satu waktu.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot

Gunakanlah perangkat lunak seperlunya saja, misalnya matikan pemutar musik  web browser, download manager dan perangkat lunak lain yang sekiranya tidak dibutuhkan.

  • Gunakan Cooling pad Eksternal

Menggunakan cooling pad eksternal akan membantu membuang suhu panas yang di hasilkan dari mesin laptop kita. Ada banyak model cooling pad yang banyak di jual di toko-toko accesories komputer di kota anda.

Kalau menurut saya, akan lebih baik jika menggunakan cooling pad yang ditaruh dibawah laptop dan di jadikan sebagai alas laptop. Namun ada juga yang menilai kurang baik jika menggunakan cooling pad eksternal.

Karena bisa menguras daya kurang lebih 5 volt dari salah satu port USB di laptop untuk menjalankan motor kipasnya. Hal itu telah disinyalir dapat menjadikan USB port kelebihan beban.

  • Uninstal Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak di gunakan pada komputer anda akan memberikan ruang lebih pada memori komputer anda. Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot yang satu ini banyak diabaikan oleh para pengguna komputer di indonesia.

Jika anda tidak tahu aplikasi mana yang harus dihapus, silahkan tanyakan kepada teman / kerabat anda yang sudah faham cara mengatasi masalah pada komputer. Kalau anda masih ragu lebih baik bawa ke tukang service komputer terdekat di kota anda.

Sekian dari saya untuk tutorial Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Lemot pada kali ini, Semoga dapat memberi manfaat dan bisa menjadi solusi untuk anda.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *